Pages

Wednesday, January 11, 2012

Sekilas Tentang Pikiran dan Hipnoterapi

Kenapa hipnoterapi dan pikiran berhubungan ? terapi yang dilakukan dengan metode hipnoterapi adalah teknik terapi yang masuk kedalam pikiran bawah sadar, dikarenakan proses terapi dilakukan melalui pikiran, maka seorang yang melakukan hipnoterapi sangat diharuskan memiliki standard keilmuan yang mencukupi untuk melakukan proses tersebut.

Baiklah sekarang kita akan membicarakan jenis pikiran, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Cara memahami yang paling mudah pikiran sadar adalah dengan melihat fungsinya yang antara lain mengidentifikasi informasi yang masuk melalui panca indera, membandingkan informasi yang masuk dengan database yang berada dipikiran bawah sadar, menganalisa semua informasi tersebut, memutuskan hasil analisa. Pikiran bawah sadar mempunyai fungsi atau menyimpan hal-hal sebagai berikut : Kebiasaan (baik, buruk, refleks), emosi, memori jangka panjang, kepribadian, intuisi, kreativitas, persepsi, belief dan value. Pikiran bawah sadar gudang semua informasi tersimpan, sangat cerdas,paling jujur/polos seperti pikiran anak kecil, bersifat universal.

Prinsip kerja pikiran sadar dan pikiran bawah sadar adalah bersifat pararel, namun secara kemampuan pikiran sadar terpisah dari pikiran bawah sadar. Setiap informasi masuk melalui pikiran sadar setelah lolos filter masuk ke pikiran bawah sadar. Kalau ada filter kenapa banyak informasi yang tidak baik bisa masuk ke pikiran bawah sadar, filter disini sangat lugu sehingga dapat mudah terbuka, terkecuali belief atau value yang dimiliki seseorang sangat kuat yang membentengi informasi yang akan masuk.

Semoga bermanfaat dan tulisan ini diadopsi dari tulisan Guru saya Bapak Adi W. Gunawan (www.adiwgunawan.com) dalam bukunya Hypnoteraphy the art of subconscious restructuring.

1 comments:

As soon as we obtained on your web site despite the fact that obtaining thing to consider essentially fairly little bit submits. Enjoyable technique for forthcoming, I'm book-marking simultaneously obtain types finish increases up-wards. hipnoterapi jogja

Post a Comment